Makelu FF 2017

Malam Keluarga (Makelu) adalah program tahunan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Filsafat, dan kali ini diselenggarakan pada 30 Mei 2017 – 31 Mei 2017, di Glamping Lakeside. Jalan Situ Patengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung Jawa Barat 40973. Kegiatan ini dipandang Himpunan Mahasiswa Program Studi Filsafat sebagai kegiatan penting karena di dalam kegiatan ini akan disertakan berbagai elemen yang tergabung dalam Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan.

Kegiatan Malam Keluarga ini juga berangkat dari suatu fenomen yang ditangkap oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Filsafat. Fenomen yang berhasil kami tangkap dalam keseharian adalah kurangnya koordinasi dan rasa kekeluargaan dalam badan tubuh fakultas kami. Hal ini menjadi batu sandungan bagi kami dalam melakukan dinamika berkeluarga di Fakultas Filsafat. Kegiatan Malam Keakraban ini panitia mengambil tema dari suatu adagium bahasa latin, yaitu Tempus Liberum. Adagium ini menjadi sangat relevan saat waktu berjalan begitu cepat sampai manusia tidak mampu lagi menangkap suatu nilai dibalik semua kegiatan yang dilaluinya dalam waktu tersebut. Secara harafiah Tempus Liberum berarti waktu bebas. Manusia membutuhkan suatu kebebasan untuk mengejawantahkan eksistensialnya. Manusia seakan dikutuk untuk bebas. Manusia memiliki kebebasan sejalan dengan kodratnya. Saat kebebasan tidak diakomodasi, nilai kemanusiaannya seakan runtuh atau terdegradasi. Oleh karena itu, manusia dituntut bebas supaya manusia mampu menjadi makhluk yang integral.

Kegiatan Malam Keakraban 2017 ini merupakan suatu kegiatan mahasiswa yang secara tidak langsung memiliki unsur kependidikan yang diharapkan agar seluruh dosen, mahasiswa, dan staf dapat belajar dan memahami secara empiris kegiatan lapangan yang bertujuan membina dan membentuk karakter suatu pribadi sehingga masing-masing individu dapat saling mengenal dan memahami pribadi yang lainnya.
Kegiatan ini juga memberikan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang seharusnya tumbuh di dalam suatu komunitas. Dengan adanya rasa kekeluargaan mampu memacu produktifitas setiap individu dikemudian hari dalam dinamika hidup komunitas Fakultas Filsafat. Selain itu juga dengan adanya acara Malam Keluarga Fakultas Filsafat 2017 ini para anggota Fakultas Filsafat dapat merasakan penyegaran tersendiri dari rutinitas yang mampu membuat kejenuhan dan daya kreasi menurun. Memberikan suatu warna tersendiri dengan adanya rekreasi dan yang jelas pengalaman dalam hidup bersama. Memunculkan semua kolase kehidupan dan menangkap nilai-nilai yang memperkaya khazanah hidup setiap individu.

X