Mata Kuliah Wajib Program Studi Ilmu Filsafat (Semester 2)

Fenomenologi Agama (MKU004) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan:Mengkaji secara historis-kritis dan analitis perihal fenomenologi agama sebagai pendekatan studi agama-agama.Silabus:Tinjauan kritis atas Agama, Pengalaman Beragama, Fenomenologi Agama dan Metodenya, Antropologi Agama dengan paham Evolusionisme, Neo-evolusionisme, Difusionisme, Fungsionalisme, Hermeneutika, Agama dalam Dunia modern, Agama Magi dan Simbol, Agama sebagai Ritual, Fenomena radikalisme dan fundamentalisme.

Pustaka:

1.      Bailey, E.I. 1999. Implicit Religion in Contemporary Society. Kampen: Kok (Pharos)

2.      Davamoni, Mariasusai. 1995. Fenomenologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.

3.      Waardenburg, Jacques. 1999. Classical Approach to the Study of Religion. Introduction and Anthology. New York, Berlin: Walter de Gruyter.


Etika (MKU008) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan:Agar peserta didik mampu memahami etika sebagai filsafat moral, tema-tema besar dalam etika, teori-teori etika dan perkembangannya sehingga mampu membangun   sikap etis-kritis terhadap perkara-perkara etis dalam kebudayaan   modern.Silabus:Membahas makna etika, tema-tema besar etika, teori-teori etika dan permasalahannya serta perkembangan isu-isu etis dalam dunia modern.

Pustaka:

1.      Bertens, Kees. 2000. Etika: Seri Filsafat Atmajaya 15. Jakarta: Gramedia

2.      Suseno, Franz Magnis. 1988. Etika Dasar. Yogyakarta: Kanisius

3.      Suseno, Franz Magnis. 1988. Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius


Sejarah Filsafat Abad Pertengahan (FFT108) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan: Pengetahuan dan pemahaman akan sejarah Filsafat Barat Kuno yang nantinya akan menjadi dasar pengetahuan studi Filsafat dan Teologi.Silabus: Masa-masa Patristik (St. Agustinus), permulaan skolastik, keemasan skolastik, berakhirnya masa skolastik, persiapan menuju masa renaissance.

Pustaka:

1.      Bertens, K.   1994. Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

2.      Mascia, Carmin. 1960. A History of Philosophy, NJ: Anthony Guild Press, Patterson.

3.      Rachmat W., Agustinus. Diktat Filsafat Abad Pertengahan, Bandung: FF Unpar.


Filsafat Ilmu (FFT109) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan: Agar mahasiswa memahami tujuan dan hakekat ilmu, memahami persoalan-persoalan inheren dalam dunia ilmu, serta mampu mendudukan ilmu dalam perjalanan peradaban umumnya.Silabus: Tujuan-tujuan ilmu; karakter pokok keilmiahan; jenis dan evolusi ilmu; masalah-masalah inheren dalam duni ilmu (ontologis, metodologis dan etis); ilmu sebagai strategi peradaban; presentasi tokoh-tokoh mutakhir (Kuhn, Popper, Lakatos, Polanyi Feyerabend).

Pustaka:

1.   Chalmers, A.F. 1982. What is this thing called Science? Buckingham: Open University.

2.   Feyerabend, P. 1978. Against Method. London: Verso.

3.   Kuhn, Thomas. 1970. The Structure of Scientific Revolutions. Chicago: University of Chicago Press.


Bahasa Inggris I (FFT110) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan: Memperoleh pengertian dan pengetahuan tentang Bahasa Inggris secara komprehensif baik secara lisan maupun tulisan.Silabus: Kemampuan dalam menggunakan dan mengungkapkan arti dan dasar kata dalam bacaan-bacaan Bahasa Inggris serta memperkaya perbendaharaan kata, idiom.

Pustaka:

1.      Cliffs. 1991. Toefl Preparation Guide.

2.      Mifflin, Houghton. 1996. The American Heritage Dictionary of The English Language.

3.      Robinett. 1997. Teaching English to Speakers of Other Languages. Nutalla. Teaching Reading Skills in Foreign Languages. Dolly Magazine.


Pengantar Filsafat II (FFT111) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan: Melihat keterkaitan filsafat dengan ilmu, ideologi, agama dan seni, serta melihat khasanah metodologinya yang luas.Silabus: Filsafat dalam kaitannya dengan ilmu, ideologi, agama dan seni; Metode filsafat dalam sejarah; Metode Kritis Sokrates; Metode transendental I. Kant; Fenomenologi Husserl; Diskusi teks: Francis Bacon, Thomas Kuhn, Richard Rorty.

Pustaka:

1.      Appleby, Joyce, et al. 1996. Knowledge and Postmodernism, London: Routledge.

2.      Baker, Anton. 1984.   Metode-Metode Filsafat, Jakarta: Ghalia Indonesia.

3.      Warburton, Nigel. 1996.   Philosophy, the Basic, London: Routledge.


Introduksi Liturgi (FFT112) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan:Peserta memahami seluk beluk liturgi dan tahu bagaimana menyelaraskan pengetahuan liturginya dengan praktek perayaan liturgisnya sendiri.Silabus:Kuliah memberikan pengetahuan umum tentang studi liturgi, terminologi, makna, metodologi, hukum liturgi, dan sejarah perkembangan liturgi.

Pustaka:

1.      Chupungco, Anscar J. (ed). Handbook for Liturgical Studies: Introduction to the Liturgy (1997), Fundamental Liturgy (1998), dan Liturgical Time and Space (2000). Collegeville MN: The Liturgical Press.

2.      Folley, Edward. 1990. From Age to Age. Chicago: Liturgical Training Publication.

3.      Torevell, David. 2000. Losing the Sacred: Ritual, Modernity, and Liturgical Reform. Edindurg: T&T Clark.


Kosmologi (FFT113) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan:Memahami kosmos secara komprehensif dan holistik sebagai kesatuan harmonis antara mikrokosmos dalam tatanan penciptaan melalui pengertian tentang asal muasal alam semesta baik secara empirik maupun metafisik.Silabus: Perbedaan antara kosmologi dan kosmogoni, sejarah kosmologi, kosmologi empirik, kosmologi metafisik, sintesis antara kosmologi empirik dan metafisik.

Pustaka:

1.      Baker, Anton. 1995. Kosmologi dan Ekologi. Yogyakarta: Kanisius

2.      Margenau and Varghese. 1992. Cosmos, Bios, Theos. La Salle, Illinois: Open Cout.

3.      Swimme, Brian. 1996. The Hidden Heart of the Cosmos: Humanity and the New Story. New York: Orbis Books


Eksegese Perjanjian Baru: Sinoptik (FFT114) – 2 sks
Prasyarat:
Tujuan: Mengakrabi Injil sinoptik dengan pelbagai soalnya (informatif); melatih kemungkinan menafsirkan teks (metodis); memahami jiwa dan semangat pewartaannya (spiritualitas).Silabus: Apa yang disebut soal sinoptik, contoh Mrk 1:9-11, beberapa teori dan pemecahannya; Injil Markus: struktur bahannya, tanda-tanda strukturnya – visi teologis yang khas, pokok-pokok teologi yang nampak dalam strukturasi, pengolahan teks baku, lih. I. Suharyo, bab VII; Injil Matius: struktur bahannya, tanda-tanda strukturnya dan visi teologis yang khas, pokok-pokok teologi yang nampak dalam strukturasi, tafsiran perikopa, lih. I. Suharyo, bab VIII; Injil Lukas dengan pusat perhatian pada masa kanak-kanak, kisah perjalanan ke Yerusalem: beberapa ciri khasnya, teks pilihan: Luk 4:16-30;15.

Pustaka:

1.      Drewes, B.F. 1982. Satu Injil Tiga Pekabar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

2.      George, Eldon Ladd. 2002. Teologi Perjanjian Baru I . Kalam Allah.

3.      Suharyo, I. 1988. Pengantar Injil Sinoptik. Yogyakarta: Kanisius.

4.      Teks Kitab Suci dengan catatan dari LBI

X