KEMAHASISWAAN

Pada tingkat Universitas terdapat organisasi-organisasi Majelis Perwakilan Mahasiswa, Lembaga Kepresidenan Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Pada tingkat Program Studi terdapat organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Filsafat. Setiap mahasiswa mempunyai kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan baik pada tingkat Universitas maupun tingkat Program Studi.

Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia adalah:

  1. Unit Olah Raga: Basket, sepak bola, tenis lapangan, tenis meja, catur, softball, bulu tangkis, voli, hoki, bridge, aerobik, renang, dan selam. Selain itu, tersedia pula kesempatan ikut olah raga bela diri, seperti aikido, boxer, karate, ju jit su, ken do, merpati putih, nampon, perisai diri, pencak silat tenaga dalam, sinar teratai, taekwondo, whusu naga mas, kempo.
  2. Unit Seni: Lingkungan seni tradisional (Listra), sastra dan teater (Satre), potret, studi ilmu kemasyarakatan, dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM).
  3. Wadah-Wadah Khusus: Mahasiswa pecinta alam, keluarga donor darah, Parahyangan English Debating Society, korps tenaga sukarela, Parahyangan Programme’s Club, Live in, Latihan Dasar Kepemimpinan, Retret, Retorika/Sidang Akademi, Rencontre (pertemuan siswa-siswi SMA Katolik sekeuskupan Bandung).
  4. Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Filsafat.

Seminar, temu akrab, pertandingan sepak bola dan volley antar konven, malam seni (Malam Keluarga), Fun Bike, paduan suara dan petugas liturgi dalam acara-acara di tingkat universitas dan fakultas, ibadat Prapaskah, dan bakti sosial.

Proses belajar mahasiswa di Program Studi tidak hanya dilakukan melalui kuliah di kelas, tetapi juga didukung dengan praktik di luar kelas dalam rumah studi. Di bawah bimbingan dosen yang ada di rumah studi, praktik tersebut bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan di kelas. Tidak semua mata kuliah didukung oleh kegiatan praktik. Mata kuliah yang pembelajarannya didukung dengan praktik, misalnya:

  1. Katekese
  2. Liturgi
  3. Homiletika
  4. Estetika
  5. Teologi Sakramen
  6. Teologi Allah Tritunggal
  7. Protestantisme dan Ekumenisme
  8. Membaca Kritis.

Di samping dukungan melalui tutorial akademik, para mahasiswa di Program Studi mendapatkan bimbingan dari dosen wali. Tiap semester terutama mahasiswa dengan IPK yang tidak memuaskan diharuskan bertemu dengan dosen wali. Pertemuan itu bertujuan untuk membahas permasalahan yang dihadapi mahasiswa, baik masalah yang berkaitan dengan akademik maupun non-akademik dan juga membahas rencana kuliah di semester yang akan datang. Saat ini setiap dosen rata-rata membimbing sebanyak 14 mahasiswa.

Bimbingan dan konseling kepada mahasiswa juga dibantu oleh dosen-dosen di rumah studi dan Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) UNPAR. Saat ini LPH UNPAR memiliki seorang psikolog yang dapat membantu mahasiswa yang membutuhkan bimbingan dan konseling. Selain itu, rumah studi dan  LPH UNPAR juga memberikan berbagai jenis pelayanan yang dapat dimanfaatkan oleh semua mahasiswa. Adapun pelayanan yang diberikan adalah:

  1. Bimbingan Rohani yang bertujuan mengarahkan pertumbuhan kehidupan spiritual dan kepribadian.
  2. Retret Tahunan yang bertujuan mengevaluasi perjalanan panggilan imamat dan memperdalam kehidupan spiritual.
  3. Rekoleksi Bulanan yang bertujuan mengingatkan dan menyegarkan proses panggilan.
  4. Geladi Diri Spiritual yang bertujuan untuk memperdalam religiositas sesuai dengan agama masing-masing sambil menikmati keindahan setiap agama.
  5. Geladi Diri Kepribadian yang bertujuan untuk memaknai diri, mengeksplorasi potensi
  6. Geladi Diri Natural yang bertujuan untuk memaknai alam, menumbuhkan penghargaan diri dan sesama
  7. Geladi Diri Intelektual yang bertujuan untuk menyarikan fleksibilitas logika, mempertajam kreasi tulis, lisan, dan negosiasi
  8. Geladi Diri Sosial yang bertujuan untuk mengalami realita manusia, membangun kepekaan antar-sesama
  9. Geladi Diri Kreativitas yang bertujuan untuk menerobos batas, mengubah realitas, menggali Potensi Kreatif-Inovatif demi kesiapan karier dan perubahan dalam hidup
  10. Kelas Pengembangan Diri yang bertujuan untuk mengasah potensi dan menumbuhkan pribadi lewat orang lain.
X