Magister Ilmu Teologi

Program Studi Magister Ilmu Teologi (MIT) UNPAR memiliki dua konsentrasi, yakni Teologi Transformatif dan Ilmu Budaya dan Religi. Di Program Studi ini, struktur kurikulum terbagi menjadi 4 semester. Beban studi setiap semester antara 12–15 sks. Konsentrasi Teologi Transformatif terdiri atas 17 mata kuliah dengan total beban 46 sks. Dari 17 mata kuliah tersebut, 4 di antaranya adalah mata kuliah pilihan (MKP) dengan beban masing-masing mata kuliah sebesar 2 sks. Syarat kelulusan Konsentrasi Teologi ialah menyelesaikan 44 sks termasuk di dalamnya 3 MKP (6 SKS) yang wajib diambil. Konsentrasi Ilmu Budaya dan Religi terdiri dari 19 mata kuliah dengan total beban 46 sks. Dari 19 mata kuliah tersebut, 2 di antaranya adalah mata kuliah pilihan (MKP) dengan beban masing-masing mata kuliah sebesar 2 sks. Syarat kelulusan Konsentrasi Ilmu Budaya dan Religi ialah menyelesaikan 44 sks termasuk di dalamnya 1 MKP (2 sks) yang wajib diambil.

Puncak dari proses studi ialah dengan penulisan tesis dengan beban studi sebesar 6 sks. Proses penulisan tesis dibagi menjadi tiga tahap, yaitu seminar 1 yang merupakan pengajuan proposal, seminar 2 yang merupakan presentasi keseluruhan hasil penelitian, dan ujian tesis. Seminar dan ujian dilakukan oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dua dosen pembahas. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa diadakan ujian tesis ialah penulisan artikel yang diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi dan score TOEFL minimal 500.

Profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Teologi dirumuskan dengan memperhatikan profil dan karakter lulusan UNPAR yang telah dirumuskan berdasarkan sesanti, spiritualitas, dan nilai dasar, serta visi dan misi UNPAR. Semangat untuk mewujudkan visi inilah yang memunculkan perumusan profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Teologi. Selain itu, rumusan profil juga dihasilkan melalui refleksi dan evaluasi. Dalam refleksi dan evaluasi bersama itu, muncul komitmen bersama untuk menghasilkan lulusan yang semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat dan memberikan sumbangan lewat kehidupan yang berbudi, berilmu, dan berbudaya untuk pemberdayaan masyarakat.

Adapun profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Teologi yang diharapkan yaitu:

Profil Lulusan Deskripsi Magister
Konseptor Mampu mengkritisi dan mengembangkan konsep-konsep pokok di bidang filsafat, teologi, dan ilmu-ilmu humaniora.
Motivator Mampu mengembangkan konsep-konsep yang membawa manfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
Edukator Mampu mengembangkan metode kreatif dan efektif di bidang humaniora.
Pengamat Budaya Membangun sintesis isu-isu lintas budaya demi  visi transformatif.
Peneliti Mampu melakukan riset dan kajian interdisipliner dalam bidang filsafat dan religi.