Visi & Misi

Visi

Sebagai bagian dari civitas akademika Universitas Katolik Parahyangan, Fakultas Filsafat (FF) menyelaraskan visinya dengan visi universitas.

FF telah merumuskannya tanpa mengabaikan visi Universitas Katolik Parahyangan hingga 2020: “Menjadi komunitas akademik humanum yang bersemangat kasih dalam kebenaran untuk mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan, berdasarkan sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti (berdasarkan Ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat).” Visi FF adalah “Komunitas akademik humanum yang melahirkan insan berbudi, berilmu, dan berbudaya dengan wawasan lokal dan universal.”

FF berusaha menyelenggarakan pendidikan yang membantu pembentukan pribadi-pribadi bernalar dan bijaksana (berbudi). Mereka dibekali aneka pengetahuan yang diperlukan secara memadai (berilmu) dan pemahaman akan nilai-nilai luhur kehidupan untuk dapat melibatkan diri secara bermartabat di tengah masyarakat (berbudaya). Untuk mewujudkan Visi fakultas tersebut, dirumuskan Misi dan Tujuannya.

Misi

Misi berikut ini berpegang pada tiga pilar dalam Tridarma Perguruan Tinggi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang dirancang berdasarkan interaksi dimensi cipta, rasa, iman, dan interaksi lintas ilmu
  2. Mengadakan kegiatan penelitian yang berfokus pada pembinaan keahlian analitis, pendalaman konseptual, dan keterampilan menulis, guna menyebarkan pola pikir reflektif dan kritis di tengah masyarakat.
  3. Mengabdikan diri kepada kebutuhan dan tantangan yang hidup di tengah bangsa dan Gereja.

Tujuan

  1. Membina manusia akademis yang mampu membawa pencerahan kepada sesama manusia dalam pergulatannya dengan nilai dan makna hidup.
  2. Membidani calon sarjana yang memiliki kemampuan intelektual-spiritual untuk menggeluti masalah masyarakat Indonesia.